• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

Catatan dari Tembak Pertanyaan Antarpasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Grobogan

Prosesi debat kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Grobogan 2015-2020 semakin meriah ketika memasuki babak tanya jawab antarpasangan calon. Dalam debat kandidat yang disiarkan inews tv secara langsung, Rabu, (25/11/2015) ini, Icek-Sugeng mendapat kesempatan pertama untuk bertanya kepada pasangan Sri-Edy.

“Bagaimana cara penyaluran tersebut? Apakah ada proposal kematian? Mengingat syarat pencairan bantuan dari pemerintah harus ada proposal,” tanya Sugeng kepada Sri-Edy.

Sri segera menjawab pertanyaan Sugeng tersebut. Ia mengatakan bantuan itu merupakan wujud perhatian kepada masyarakat Grobogan. Menurutnya, bantuan ini dianggarkan melalui APBD. Kemudian Edy menjelaskan teknis dari jawaban Sri.

“Itu sudah kita pikirkan. Kami selama 3 tahun selalu bergelut. Kami paham bagaimana menggunakan anggaran tersebut. Kami masukkan dalam bantuan keuangan khusus ke desa, dan desa yang menyalurkan. Ini diperbolehkan dalam undang-undang,” jelas Edy.

Giliran kubu Sri-Edy yang meluncurkan pertanyaan kepada Icek-Sugeng. Sebelum bertanya, Sri menjelaskan bahwa angka kematian bayi 500 per tahun dan angka perceraian lebih 30 per tahun. Menurutnya, dengan tingginya angka kematian bayi dan perceraian, berarti masih banyak yang miskin. Ia bahkan menilai bahwa program pembangunan di kabupaten Grobogan selama ini belum mampu mengentaskan masalah tersebut.

“Langkah apa yang akan saudara lakukan?” tanya Sri kepada Icek.

Icek mengakui kalimat Sri bahwa angka kematian ibu dan bayi termasuk angka paling tinggi. Oleh karena itu, ia melakukan usaha-usaha guna menurunkan angka ini salah satunya dengan kebijakan ibu mengandung harus melahirkan di bidan. Ia juga mengatakan bahwa dulu Grobogan berada di peringkat 34 se-Jateng dalam hal ini. Sekarang peringkatnya sudah naik ke angka 29.

“Kami akan berikan insentif untuk ibu melahirkan. Bukan untuk mengurangi pendapatan bidan tapi untuk menyelamatkan nyawa ibu dan bayi masyarakat Grobogan,” tegasnya.

Pertanyaan dari kubu Icek-Sugeng kembali dilontarkan oleh Sugeng. Kali ini ia bertanya apa indikator pemerintah yang bebas KKN dan good governace.

Edy yang bertugas menjawab pertanyaan dari Sugeng. Ia berjanji akan melaksanakan good governance dan pemerintahan yang bebas KKN. Ia mencontohkan ketika merekrut pejabat eselon akan mengacu dalam peraturan. Ia akan tempatkan orang yang tahu akan tempat yang ditempati. Ia akan memakai tolok ukur dalam perekrutan pejabat dan pegawai pemerintah.

“Sesuai UU ASN (Aparatur Sipil Negara – red), pengisian eselon 2 harus menggunakan panel. Di sana akan ada fit and proper test yang akan mengisi titik-titik kosong. Akan disesuaikan dengan disiplin ilmu yang dimiliki sehingga pejabat tidak akan kehilangan akal,” jelas Edy.

Pertanyaan terakhir dari kubu Sri-Edy ditembakkan oleh Edy. Ia mengatakan bahwa program pendidikan 12 tahun wajib belajar selama ini terhambat. Menurutnya, berdasar data laporan pertanggungjawaban (LPj) Bupati Grobogan, tingkat putus sekolah SMA sangat tinggi yaitu 59 persen.

“Jika melihat akan adanya MEA (masyarakat ekonomi Asean), apa yang akan dilakukan melihat SDM kita sekarang begini?” tanya Edy kepada Icek-Sugeng.

Icek menjawab bahwa pendidikan memang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan SDM masyarakat Grobogan. Ia berjanji akan lebih meningkatkan program beasiswa bagi siswa berprestasi. Sedangkan jawaban Sugeng menitikberatkan pada pendidikan karakter.

“Pendidikan akhlak akan kami kedepankan. Kami akan membuat perda Madin (Madrasah diniyah - red) untuk akhlak generasi kita ke depan. Sudah banyak daerah yang menerapkan perda ini,” tutup Sugeng.

Acara debat diakhiri dengan kalimat penutup dari masing-masing pasangan calon.

“Kami Sri-Edy hadir di tengah-tengah masyarakat Grobogan memberi solusi kepada setiap masyarakat yang ada untuk menjadikan Grobogan hebat. Kami mohon doa restu dan dukungannya,” ungkap Sri Sumarni dalam kalimat penutupnya. Selanjutnya ia menyanyikan lagu yel-yel salam dua jari yang diikuti oleh seluruh pendukungnya di dalam gedung.

“Niat kami untuk maju tulus untuk membangun kabupaten Grobogan bersama masyarakat Grobogan. Agar apa yang kami perjuangkan dicatat Allah swt. Kami akan persembahkan hari-hari terbaik kami, waktu-waktu terbaik kami untuk masyarakat kabupaten Grobogan. Jabatan bukan segala-galanya. Jabatan bukan tujuan utama, itu hanya alat untuk mencapai tujuan bersama. Mari kita gunakan hak pilih kita. Sebaik-baik manusia adalah manusia yang berguna kepada yang lain, maka kami akan berusaha menjadi itu,” ungkap Icek.

Tak mau kalah dengan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Grobogan, moderator debat Teguh Yuwono melantunkan pantun yang isinya mengajak masyarakat Grobogan untuk menggunakan hak pilih untuk Grobogan maju dan makmur.

Sumber: Harian Grobogan

Comments   

 
0 #4 JanisBig 2019-01-26 10:36
Hello. I have checked your teguhyuwonoundi p.com and i see you've got some duplicate content so probably it is
the reason that you don't rank hi in google. But you can fix this
issue fast. There is a tool that generates articles like human, just search in google: miftolo's tools
Quote
 
 
0 #3 DeniseBig 2018-12-07 15:18
Hi. I have checked your teguhyuwonoundi p.com and i see you've got some duplicate content so probably it is
the reason that you don't rank high in google. But you can fix this issue fast.

There is a tool that generates articles like human, just
search in google: miftolo's tools
Quote
 
 
0 #2 DaisyJuicy 2018-12-03 08:48
Hello. I see that you don't update your blog too often. I know that writing content is boring and time consuming.
But did you know that there is a tool that allows you to create new posts using existing content
(from article directories or other blogs from your niche)?
And it does it very well. The new posts are unique and pass the copyscape test.

Search in google and try: miftolo's tools
Quote
 
 
0 #1 JosephJuicy 2018-11-25 06:02
Hello. I see that you don't update your website too often. I know
that writing content is boring and time consuming. But did you
know that there is a tool that allows you to create new posts
using existing content (from article directories or other
websites from your niche)? And it does it very well.
The new posts are unique and pass the copyscape test.
Search in google and try: miftolo's tools
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

FOTO KEGIATAN

imageimageimageimageimageimageimageimageimageimageimageimageimage

LPPD Research Institute

LPPD Research Institute merupakan Lembaga Pengkajian Pembangunan Daerah yang berada di Jawa Tengah. Researching, Consulting, Training and Publishing. Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin sebagai Direktur Eksekutif.

APSIPI

Asosiasi Program Studi Ilmu Pemerintahan Indonesia (APSIPI) dibentuk sebagai hasil dari SIMPOSIUM NASIONAL PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN Se-INDONESIA pada tanggal 23-24 November 2014 di Hotel Narapati Bandung yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Padjadjaran [ more detail ]

Link Terkait

   

 

Artikel Populer

Publikasi Populer

Kontak

Info kontak:

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kantor: Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Undip