• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

Politik Uang Jadi Hantu Pilkada

Semarang, Hariansemarang.com – Pakar politik dari Universitas Diponegoro Semarang Teguh Yuwono memperkirakan praktik politik uang masih menghantui pemilihan kepala daerah serentak pada bulan Februari 2017. “Regulasi pilkada serentak tidak menyediakan mekanisme yang kuat untuk menghentikan praktik politik uang (money politics),” kata Dr.Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin, Rabu sore (15/6/2016).


Regulasi yang dimaksud oleh alumnus Flinders University Australia itu adalah Undang-Undang tentang Perubahan Kedua atas UU No. 1/ 2015 tentang Perpu No. 1/2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Teguh menegaskan bahwa demokratisasi dengan revisi yang baru belum memungkinkan membuka peluang orang baik dan sukses memimpin daerah. Hal ini karena dominasi partai politik melalui seleksi calon kepala daerah dan kandidat wakil kepala daerah.

Selain itu, pengaturan melalui komisi-komisi yang harus didengarkan dan dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menurut dia bisa dimaknai sebagai intervensi parpol dalam teknis penyelenggaraan pilkada serentak. “Walaupun ada perbaikan regulasi di sana-sini, substansi masalah yang dihadapi masih sama, yakni mampukah menghasilkan pemimpin yang baik dan kredibel serta menghentikan dampak negatif pilkada langsung, khususnya ‘money politics‘?” katanya.
 
Dosen Ilmu Pemerintahan Undip Semarang itu lantas mencontohkan uang transpor yang merupakan eksperimen regulasi baru. “Akan tetapi, tidak menjamin money politics tidak terjadi lebih gila lagi. Bisa saja mereka (peserta pilkada, red.) lebih jorjoran menggunakan sarana uang transpor yang lebih tinggi daripada ketentuan,” pungkas dia. (Red-HS99/Ant).

Comments   

 
0 #1 ElvinJuicy 2018-11-04 04:31
Hi. I see that you don't update your blog too often. I know that writing content is time
consuming and boring. But did you know that there is
a tool that allows you to create new posts using existing content (from article directories or other blogs from your niche)?
And it does it very well. The new articles are unique and pass the copyscape test.
Search in google and try: miftolo's tools
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

FOTO KEGIATAN

imageimageimageimageimageimageimageimageimageimageimageimageimage

LPPD Research Institute

LPPD Research Institute merupakan Lembaga Pengkajian Pembangunan Daerah yang berada di Jawa Tengah. Researching, Consulting, Training and Publishing. Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin sebagai Direktur Eksekutif.

APSIPI

Asosiasi Program Studi Ilmu Pemerintahan Indonesia (APSIPI) dibentuk sebagai hasil dari SIMPOSIUM NASIONAL PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN Se-INDONESIA pada tanggal 23-24 November 2014 di Hotel Narapati Bandung yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Padjadjaran [ more detail ]

Link Terkait

   

 

Artikel Populer

Publikasi Populer

Kontak

Info kontak:

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kantor: Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Undip