• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

Setya Novanto Cs Langgar Prinsip Politik Luar Negeri Indonesia

JAKARTA, BIJAKS – Pengamat politik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Teguh Yuwono mengatakan, hendaknya ada penghormatan prinsip menghormati proses politik masing-masing negara. Menjadi masalah kalau itu dilakukan dalam kerangka pertarungan politik satu calon ke calon lain. “Ini bisa melanggar prinsip penghormatan terhadap dalam negeri masing-masing,” katanya di Jakarta, Minggu (6/9).

Kedatangan Pimpinan DPR RI Setya Novanto dan Fadli Zon bukan datang atas nama pribadi melainkan membawa nama jabatan pimpinan DPR. “Sebagai pribadi pun salah apalagi atas nama DPR, karena mereka sedang berada di luar negeri sehingga tindakan mereka tidak benar,” paparnya.

Kehadiran petinggi DPR mau tidak mau menunjukkan penghormatan atau kesiapan untuk mendukung majunya Trump sebagai orang nomor satu AS. “Sekali pun dia bilang tidak mendukung, tapi faktanya ada di sana,” ujarnya.

Pertemuan tersebut bertambah pelik ketika dilakukan di depan para pendukung Trump. Apalagi, Trump sempat memperkenalkan mereka sebagai ketua DPR Indonesia dan menanyakan perihal rasa suka masyarakat Indonesia pada dirinya. ”Jawaban iya yang dilontarkan Setya bisa menggiring persepsi bahwa Indonesia mendukung Trump. Ini bisa dipolitisasi, ke situ arahnya,” tandasnya.

Sumber: Bijak News

Add comment


Security code
Refresh

FOTO KEGIATAN

imageimageimageimageimageimageimageimageimageimageimageimageimage

LPPD Research Institute

LPPD Research Institute merupakan Lembaga Pengkajian Pembangunan Daerah yang berada di Jawa Tengah. Researching, Consulting, Training and Publishing. Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin sebagai Direktur Eksekutif.

APSIPI

Asosiasi Program Studi Ilmu Pemerintahan Indonesia (APSIPI) dibentuk sebagai hasil dari SIMPOSIUM NASIONAL PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN Se-INDONESIA pada tanggal 23-24 November 2014 di Hotel Narapati Bandung yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Padjadjaran [ more detail ]

Link Terkait

   

 

Artikel Populer

Publikasi Populer

Kontak

Info kontak:

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kantor: Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Undip