• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

Teguh Yuwono: Menciptakan Kabinet Ramping itu Tidak Mudah

Pengamat Politik Undip, Teguh Yuwono

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG

Menurut penilaian saya, postur kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla yang tetap mempertahankan jumlah 34 kementerian mencerminkan realitas sebenarnya dalam politik.

Realitas politik yang tidak bisa dihindari Jokowi bahwa persoalan politik itu kan masalah bargaining, tawar-menawar. Tidak ada koalisi yang tanpa syarat. Postur kabinet Jokowi yang hampir sama dengan Kabinet Indonesia Bersatu di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memang tidak bisa dihindari seiring bargaining politik.

Dalam politik kan tidak ada yang gratis. Masa (parpol) memberi dukungan tanpa mengharap apa-apa. Kabinet ini merupakan kesempatan untuk membalas budi atas dukungan yang diberikan.

Kenyataannya, hampir setengah dari komposisi kabinet Jokowi diberikan kepada parpol. Hal itu membuktikan bahwa untuk menciptakan kabinet yang ramping memang tidak mudah.

Semestinya tidak perlu ada posisi menteri koordinator (menko) kalau mau merampingkan kabinet karena kedudukannya di luar struktur, termasuk pula keberadaan wakil menteri.

Jokowi kan masih menyisakan satu wakil menteri, yakni wamen luar negeri. Semestinya dihapus sekalian saja karena sudah ada sekretaris menteri, duta besar, dan direktur jenderal di kementerian.

Sumber: Tribun Jateng

Add comment


Security code
Refresh

FOTO KEGIATAN

imageimageimageimageimageimageimageimageimageimageimageimageimage

LPPD Research Institute

LPPD Research Institute merupakan Lembaga Pengkajian Pembangunan Daerah yang berada di Jawa Tengah. Researching, Consulting, Training and Publishing. Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin sebagai Direktur Eksekutif.

APSIPI

Asosiasi Program Studi Ilmu Pemerintahan Indonesia (APSIPI) dibentuk sebagai hasil dari SIMPOSIUM NASIONAL PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN Se-INDONESIA pada tanggal 23-24 November 2014 di Hotel Narapati Bandung yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Padjadjaran [ more detail ]

Link Terkait

   

 

Artikel Populer

Publikasi Populer

Kontak

Info kontak:

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kantor: Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Undip