• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

Workshop Metodologi Penelitian Ilmu Politik

 

 Magister Ilmu Politik Universitas Diponegoro (MIP Undip) menyelenggarakan Workshop pada Selasa, 10 Oktober 2017 bertempat di Hotel Grasia Semarang.     Acara yang bertemakan tentang “Workshop Metodologi Penelitian Ilmu Politik” menghadirkan pembicara Prof. Dr. Purwo Santoso, MA dan I Made Sukresna,   SE, M.Si, Ph.D yang dimoderatori oleh Dr. Laila Kholid Alfirdaus, S.IP, MPP dan Dra. Fitriyah, MA.

  Acara workshop tersebut dibuka oleh Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin selaku Ketua Program Studi Magister Ilmu Politik FISIP Undip. Dalam   sambutannya Teguh berpesan kepada para mahasiswa yang menghadiri acara tersebut untuk memanfaatkan kesempatan bertemu para pakar   penelitian kualitatif dan kuantitatif. “Saya berpesan dan berharap kepada para mahasiswa S2 Magister Ilmu Politik dan S3 Doktor Ilmu Sosial agar   memanfaatkan momen-momen seperti ini, bisa bertemu langsung dengan pakar penelitian di Indonesia baik Prof. Purwo yang berasal dari UGM     maupun Pak Made dari Undip”, pesan Teguh kepada para peserta workshop yang dihadiri oleh mahasiswa MIP dan DIS FISIP Undip.

  Pemaparan pertama mendiskusikans secara langsung kondisi empiris penelitian di lapangan. Dalam pemaparannya Prof. Purwo Santoso berdiskusi   langsung dengan peserta dan memaparkan langsung materi berdasarkan tema yang diajukan oleh para peserta. “Memang saya sengaja tidak       menyiapkan slide untuk pemaparan, saya tidak terbiasa mengajar mahasiswa dengan pemaparan yang berupa tayangan, lebih enak langsung dengan   studi kasus, ya seperti ini”, jelasnya. “Inti dari tulisan itu adalah penggunaan teori. Jadi teori adalah sesuatu hal untuk membantu peneliti berpikir logis.   Selain itu adanya BAB 1, 2, 3 dan sebagainya bukan ditentukan oleh aturan tertulis dari buku bimbingan tapi ditentukan oleh teori yang dipakai”,   tambahnya dalam closing statement.

Pemaparan dilengkapi oleh I Made yang melengkapi dengan pemaparan penggunaan metode kuantitatif dalam Ilmu Politik. “Penelitian kuantitatif sifatnya meluas dan penelitian kualitatif itu mendalam. Dalam Ilmu Politik kebanyakan kasus penelitian kuantitatif seperti marketing politik dan ada juga keputusan memilih pada responden terhadap pilihan politiknya yang dipengaruhi beberapa faktor”, jelasnya.

Kegiatan workshop ini dilakukan dalam rangka memberikan wawasan bagi mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Metodologi Penelitian Ilmu Politik pada Prodi Magister Ilmu Politik FISIP Undip.

 

Add comment


Security code
Refresh

FOTO KEGIATAN

imageimageimageimageimageimageimageimageimageimageimageimageimage

LPPD Research Institute

LPPD Research Institute merupakan Lembaga Pengkajian Pembangunan Daerah yang berada di Jawa Tengah. Researching, Consulting, Training and Publishing. Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin sebagai Direktur Eksekutif.

APSIPI

Asosiasi Program Studi Ilmu Pemerintahan Indonesia (APSIPI) dibentuk sebagai hasil dari SIMPOSIUM NASIONAL PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN Se-INDONESIA pada tanggal 23-24 November 2014 di Hotel Narapati Bandung yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Padjadjaran [ more detail ]

Link Terkait

   

 

Artikel Populer

Publikasi Populer

Kontak

Info kontak:

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kantor: Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Undip